Rangkaian Sensor Pendeteksi Warna

Rangkaian Sensor Pendeteksi Warna
Sensor Pendeteksi Warna

Rangkaian ini dapat merasakan delapan warna, yaitu biru, hijau dan merah (warna primer); magenta, kuning dan cyan (warna sekunder), dan hitam dan putih. Rangkaian didasarkan pada dasar-dasar optik dan digital elektronik. Warna objek yang diperlukan untuk bisa dideteksi harus ditempatkan di depan sistem.

Skema Rangkaian Sensor Pendeteksi Warna

Catatan:
• Potmeters VR1, VR2 dan VR3 dapat digunakan untuk mengatur kepekaan ldrs.
• common ujung-ujung ldrs harus dihubungkan ke suplai positif.
• Gunakan filter cahaya berkualitas baik.

Sinar cahaya dipantulkan dari objek akan jatuh pada tiga lensa cembung yang tetap di depan tiga ldrs. Lensa yang cembung digunakan untuk berkumpul sinar cahaya. Hal ini membantu untuk meningkatkan sensitivitas ldrs. Biru, hijau dan merah pelat kaca (filter) adalah tetap di depan LDR1, LDR2 dan LDR3 masing-masing. Ketika cahaya pantulan sinar dari benda jatuh pada gadget, kaca filter berwarna pelat menentukan yang mana dari ldrs akan dipicu. Rangkaian hanya memanfaatkan gerbang AND dan NOT gerbang.

Ketika sinar lampu warna utama jatuh pada sistem, piring kaca yang sesuai dengan warna dasar yang akan memungkinkan cahaya tertentu melewatinya. Tetapi dua lainnya piring kaca tidak akan membiarkan cahaya apa pun melewatinya. Jadi hanya satu LDR akan memicu dan gerbang keluaran sesuai dengan yang LDR akan menjadi logika 1 untuk menunjukkan yang warna itu. Demikian pula, ketika sinar lampu berwarna sekunder jatuh pada sistem, dua piring kaca utama ponding untuk corres-warna campuran yang akan memungkinkan satu cahaya melewatinya sementara sisanya tidak akan membiarkan sinar cahaya apa pun untuk melewatinya. Akibatnya dua dari ldrs bisa memicu dan gerbang keluaran yang berkorespondensi dengan ini akan menjadi logika 1 dan menunjukkan yang warna itu.
Ketika semua ldrs mendapatkan dipicu atau tetap untriggered, Anda akan melihat cahaya hitam dan putih indikasi masing-masing.

LDR adalah mounded dalam sebuah tabung, di balik lensa, dan ditujukan untuk objek. Kaca berwarna saringan harus tetap di depan LDR seperti ditunjukkan pada gambar. Membuat tiga macam itu dan memperbaiki mereka dalam kasus yang sesuai. Penyesuaian yang kritis dan performa gadget akan bergantung pada fabrikasi yang tepat dan penggunaan filter benar serta kondisi cahaya.

Label: Sensor/ Pendeteksi

“Sumber dari : elektroarea.blogspot.com”

8 Komentar »

  1. angga gemawan Said:

    Mas sory ni ganggu. saya kebetulan tertarik ni liat rangkaian sensor pendeteksi warna. saya mau tanya kira-kira tuk dapetin rangkaian tersebut gimana caranya? beli komponen nya satu persatu atau 1 paket langsung. trus mengenai lensanya dimana saya harus mencarinya agar sesuai dengan rangkaian sensor pendeteksi warna

  2. anisah Said:

    bang, bisa tolong kirimkan gambar rangkaian yang lebih jerlas ke email saya!!!!
    saya tertarik p[engen nyoba buat rangkaian tersebut,,
    makasi sebelumnya,,
    di tunggu ya bang..

  3. sigit Said:

    arikel kopi paste .. berkarya tapi punya orang.. mana bsa dia jelasin..

  4. zhiper Said:

    mas saya sedang mencoba membuat rangkaian sensor yang mas berikan tersebut, namun unjuk kerja yang dihasilkan jauh dari keinginan..
    ldr masih menjadi sebuah sensor cahaya seperti biasa,,,
    saya harus bagai mana mas…
    tolong bantu mas..

  5. iswanto Said:

    klo sy modapetin diagram dan componentnya caranya gmna ya mas?

  6. obitosacred Said:

    maaf semuanya….
    untuk informasi lebih jelasnya
    tolong buka situs elektroarea.blogspot.com

    .trima kasih buat kunjungannya.

  7. danz Said:

    maaf sebelumnya…rangkaian ini dan judulnya mirip dengan yang saya buat 2003 lalu…cuma bedannya saya menambahkan alat dengan menggunakan ADC 0808, DECODER type 74HC154N sebagai indikator hardware dan juga memakai software nya untuk tampilan ke PC. Alat ini sedang saya kembangkan lebih lanjut agar dipakai untuk Mendeteksi warna dalam Uang kertas dan juga dapat di kembangkan sebagai pendeteksi kualitas darah pada manusia.Mungkin teman2 ada bisa bantu info untuk programnya.

    thx.. Danz

    • hawin fauzi Said:

      hallo mas danz , saya tertarik untuk rangkaian pendeteksi uang kertas, mungkin untuk program saya bisa bantu, bisa emailkan kesaya mas nanti untuk interfacenya ke i/o port komputer ganti tak email , barang kali sambung


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: